Tutorial Instal Software IDE Arduino

Posted By masdimas on Tuesday 13 December 2016 | 21:52

Apa itu Arduino dan apa yang ditawarkan arduino untuk para programmer mikrokontroler ? bagi anda yang gemar dengan elektronika, terutama untuk projek-projek mikrokontroler, anda mungkin sering melihat artikel yang membahas tentang arduino. Update kali ini akan membahas seputar  apa itu arduino serta tutorial lengkap cara instal software dan driver usb arduino pada perangkat windows.



Apa itu Arduino ?
Arduino adalah sebuah platform mikrokontroler yang bersifat open source dan dirancang untuk mempermudah penggunaan dalam merancang sebuah sistem berbasis mikrokontroler. Dalam hal ini, arduino bukan hanya sebuah bentuk pengembangan dari mikrokontroler, ini merupakan sebuah platform yang terdiri dari hardwarebahasa pemrograman dan IDE (Integrated Development Environment) yang canggih. Ada banyak tutorial di internet yang membahas seputar platform mikrokontroler yang satu ini, salah satu situs yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan lebih banyak referensi seputar project-project berbasis arduino adalah http://www.instructables.com/id/Arduino-Projects/.  



Apa yang ditawarkan oleh Arduino ?
Pernahkah anda berpikir untuk membuat sebuah peralatan yang (anggaplah) canggih dengan tangan anda sendiri ?, mungkin ^_^, namun setelah mengakses informasi tentang apa saja yang harus anda kuasai untuk mewujudkan hal itu, apakah langkah anda terhenti karena keraguan yang disebabkan oleh banyaknya materi, pengetahuan serta skill yang harus anda kuasai ?, jawabannya lagi-lagi, Mungkin saja ^_^. Bagi mereka yang benar-benar baru dalam dunia mikrokontroler, membuat sebuah rangkaian sederhana saja mungkin bisa dikatakan cukup sulit.

Untuk tujuan inilah arduino hadir. Sederhananya, jika pada mikrokontroler umumnya perancang harus membuat sistem minimum terlebih dahulu untuk dapat menggunakan IC mikrokontroler, dengan menggunakan arduino, perancang tidak lagi membutuhkan serangkaian kegiatan untuk membuat sistem minimum, ini karena arduino adalah platform miktrokontroler yang siap pakai atau dengan kata lain, dalam board arduino, IC mikrokontroler yang digunakan telah terhubung dengan berbagai kompunen pendukung lainnya sebagai sebuah sistem mimimum.

Download IDE Arduino
IDE adalah software yang telah disiapkan oleh arduino bagi para perancang untuk melakukan berbagai proses yang berkaitan dengan pemrograman arduino. Software ini tersedia secara gratis dan bisa didapatkan secara langsung pada halaman resmi arduino. 
Tutorial instalasi IDE arduino ini menggunakan perangkat dengan sistem operasi windows, lebih tepatnya adalah windows 7 x64 (64 bit). 

Untuk mendapatkan software IDE arduino bisa langsung mengunjungi halaman download di: https://www.arduino.cc/en/Main/Software, akan terlihat halaman seperti dibawah ini. Pilih “Windows Zip file for non admin install” (untuk pengguna windows) atau bisa disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. (Lihat juga: Internet Download Manager (IDM) Terbaru)



Info : Dokumentasi screenshot instalasi arduino ini diambil saat versi arduino masih 1.6.6. Untuk sekarang (Januari 2016) versi arduino telah update lagi ke 1.6.7


Selanjutnya anda akan dibawa pada link download software IDE sesuai dengan jenis sistem operasi yang dipilih. Untuk mulai men-download, klik "Just Download". "Save file" pada pop-up yang muncul dan pilih folder penyimpanan.



Proses download akan berjalan, file yang di-download berukuran 147 MB dengan nama file “arduino-1.6.6-windows.zip”. Ini adalah versi terbaru yang merupakan update 14 Oktober 2015. (Update 2016 ke versi 1.6.7) 


Instalasi IDE Arduino pada perangkat Windows
Karena file IDE arduino yang dipilih pada tahap download sebelumnya adalah file dengan format .zip, file ini tidak membutuhkan proses instalasi untuk dapat digunakan, dengan kata lain, Ini merupakan file IDE arduino yang bersifat portable.



PENTING:
Direkomendasikan untuk menggunakan IDE portable, hal ini karena sepengalaman saya sendiri, jika menggunakan versi standar (membutuhkan instalasi), Driver yang cocok sangat sulit ditemukan. Tidak pasti apa penyebabnya, just do it 

Sebelum dapat menggunakan IDE ini, terlebih dahulu extract folder arduino-1.6.6 yang terdapat pada file arduino-1.6.6-windows (lokasi penyimpanan bebas).






Info:
Jika pada perangkat yang digunakan tidak terpasang program extractor .zip, folder ini bisa langsung di copy seperti biasa ke directory yang dikehendaki.

Proses ini akan menghasilkan folder baru dengan nama arduino-1.6.6 pada directory penyimpanan yang dipilih.




Selanjutnya buka folder arduino-1.6.6, akan muncul beberapa file dan folder seperti gambar dibawah, double-klik pada file dengan nama arduino untuk membuka IDE arduino.



Antarmuka utama IDE arduino kurang lebih akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Selesei Semoga Bermanfaat ^_^













Blog, Updated at: 21:52

0 komentar:

Post a Comment

Masukan Alamat E-mail Anda Untuk Berlangganan Gratis !

Jangan lupa melakukan Aktivasi dengan link yang kami kirimkan ke e-mail anda

Delivered by FeedBurner