Cara Cepat Blog Baru Terindek di Mesin Pencari Google

Posted By masdimas on Monday 13 February 2017 | 06:54



Ketika sobat membuat blog atau web yang baru selesei dan sobat publishkan ke internet salah satu yang perlu diperitungkan adalah tentang bagaimana caranya blog baru yang tadi sobat buat bisa dikenali dan mudah ditemukan oleh pengguna internet, salah satu cara agar blog sobat agar lebih mudah ditemukan adalah dengan melalui salah satu mesin pencari yaitu google, tapi mesin pencari google tidak akan mengenali blog atau situs yang sobat buat jika Google webmaster tool belum meng-crawl ( menelusuri ) dan meng-indeks blog baru yang sobat.


Oleh sebab itu tugas sobat berikutnya adalah harus memprioritaskan blog atau website baru yang sobat buat dengan mengupayakan bagaimana cara agar mesin pencari baik itu google, bing, yahoo, dan maupun mesin pencari lainnya, agar bisa lebih cepat me-crawl dan meng-indeks  agar mengenali blog atau website yang sobat baru buat.


Nah, pada artikel kali ini saya akan share bagaimana cara dalam upaya sobat bisa melakukan untuk mempercepat mesin pencari menelusuri dan kemudian mengindex blog atau situs yang sobat buat lebih awal dan lebih cepat, baik itu blog bule atau blog lokal.


Pertama-tama sobat harus terlebih dahulu mengenal apa itu Googlebot, Crawling, Indexing terlebih dahulu untuk menuju proses cepat pengindexan GOOGLE.


Mengenal apa itu Googlebot, Crawling, Indexing ?

Sebelum sobat tau bagaimana tips bagaimana agar googlebot lebih cepat meng-crawl dan mengindex blog baru sobat, saya akan sedikit menjelaskan apa itu googlebot, crawling, indexing berikut penjelasannya :
·        
      1. Google Bot

Google  Bot atau disebut mesin pencari adalah software canggih yang dibuat oleh google itu sendiri yang berfungsi untuk menemukan dan mendapatkan informasi terbaru dari setiap blog atau situs yang ada. Google  bot akan menelusuri setiap situs yang ada kemudian mengumpulkan informasi yang dimiliki ileh berbagai situs atau web  tersebut untuk di index oleh mesin pencari google yang nantinya agar lebih mudah ditampilkan di mesin pencarian google
·         
      2. Crawling

Crawling adalah suatu proses penelusuran situs atau web yang di lakukan oleh google bot untuk  mencari dann mengumpulkan informasi terbaru atau informasi yang telah dii modifikasi dari setiap pemilik blog atau situs tersebut.  Informasi yang di ddapat akan di indek kembali oleh mesin  pencari google. Google bot juga bisa melakukan crawl jika menemukan link yang mengarah ke situs yang kita miliki.
·         
      3. Indexing

Indexing adalah suatu proses mengumpulkan dan menganalisa informasi-informasi yang di dapat dari craw google bot atau robot mesin pencari yang nantinya ditambahkan di index pencarian google. Proses ini akan merekam segala hal yang berkaitan dengan konten yang berada di blog atau website, untuk memudahkan menampilkan hasil pencarian yang relavan dengan kriteria pencarian pengguna. 


Cara Mempercepat Untuk Terindex Oleh Google

Setelah sobat memahami cara kerja Googebot tersebut, dan mengenal proses crawl dan juga indexing, sobat akan mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa sebelum blog baru bisa terindex di mesin pencari, karena yang pertama yang sobat harus lakukan adalah mengupayakan bagaimana cara agar googlebot lebih cepat melakukan crawl terhadap situs sobat tersebut. Karena melaluli proses crawl google bot tersebut akan memudahkan situs atau web sobat terindex oleh google dan lebih mudah di temukan di SERP (Search Engine Result Page).


Berikut tips yang bisa sobat lakukan agar google bot lebih cepat meng-crawl dan mengindex blog atau website baru sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung.
1.      
      1. Mendaftarkan Blog di Google dan Bing Webmaster Tool

Google Webmaster Tool adalah tool gratis yang disediakan google sebagai alat bantu webmater untuk berinteraksi dengan googlebot, serta memonitori interaksi antara google bot dan situs atau website sobat miliki.


Tapi sedangkan Bing Master Tool sama halnya dengan google webmaster tool, tapi webmaster tool itu khusus untuk memonitoring interaksi antara robot mesin pencari bing dengan web atau situs yang sobat miliki.

2.      
      2. Submit sitemap blog di google webmaster tool dan bing

Setelah sobat mendaftarkan blog di bing dan google webmaster tool, langkah yang harus sobat lakukan adalah melakukan sitemap di bing dan google webmaster tool, tujuan tersebut adalah memberikan daftar URL berupa peta situs ke robot mesin agar mesin pencari lebih mudah untuk menemukan konten blog yang harus di re-crawl untuk segera mungki di index


Untuk blog sobat yang berplatform blogspot sitemap pada umumnya sudah di generate secara otomatis oleh mesin pencari itu sendiri, lokasi tersebut bisa sobat akses pada nama_blog_sobat.blogspot.com/sitemap.xml, tapi untuk blog atau situs sobat  yang sobat buat harus secara khusus sitemap dibuat sesuai standar yang berlaku.

3.      
      3. Submit di sosial bookmarking

Submit blog atau situs baru sobat di bookmarking yang berkualitas. Sosial bookmarking adalah sebuah metode bagi pengguna untuk internet untuk menyimpan, mengelola dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Salah satu sosial bookmarking yang berkualitas antara berikut : Bersosial.com, Kompas.com, Slashdot.com.

4.      
      4. Sumbit URL  Blog ke mesin pencari

Langkah yang harus sobat lakukan berikutnya agar mesin pencari lebih cepat mengenali blog atau situs dan artikel yang berada di blog atau situs sobat miliki, dengan melakukan submit URL blog sobat dan setiap URL artikel baru sobat pada mesin pencari google atau yang laninya sebagai target pengunjung blog atau situs sobat.


Untuk melakukan submit ke URL ke mesin pencari google sangatlah mudah tinggal sobat login dengan akun google sobat, kemudian masuk ke fasilitas Google Submit URL dan silahkan masukan URL blog dan artikel baru sobat, cukup satu kali untuk setiap URL


Sekian dari saya semoga bermanfaat dan berguna untuk sobat-sobat yang ingin mendalami dalam dunia blogger.

“GOOD LUCK”



Blog, Updated at: 06:54

0 komentar:

Post a Comment

Masukan Alamat E-mail Anda Untuk Berlangganan Gratis !

Jangan lupa melakukan Aktivasi dengan link yang kami kirimkan ke e-mail anda

Delivered by FeedBurner