Teknik Dasar Untuk Membangun Backlink Berkualitas Untuk Pemula

Posted By masdimas on Thursday 9 February 2017 | 09:01

" Backlink merupakan salah satu teknik optimasi SEO OF PAGE yang berpengaruh cukup kuat yang dapat menentukan popularitas sebuah web atau situs, sehingga ada banyak cara yang dilakukan oleh seorang blogger agar mendapatkan backlink yang begitu banyak sehingga blog lebih mudah ditemukan di hasil pencarian halaman 1 di posisi terbaik. "


Sebelum membahas tentang bagaimana Teknik Dasar Untuk Membangun Backlink Berkualitas Untuk Pemula, langkah pertama yang harus sobat pahami adalah tentang backlink itu sendiri, apa sih istilah backlink ?, untuk sobat yang sudah mengetahui dan mempunyai pengalaman di dunia blog dan SEO, istilah backlink terdengar tidak asing terhadap para blogger tingkat atas, tapi untuk blogger pemula yang baru memiliki blog dan mempunyai keinginan untuk membangun dan mengembangkan sebuah blog tersebut, istilah backlink itu sendiri baru pertama kali di dengar dan belum dipahami.

Mengenal apa sih backlink itu ?

Agar sobat lebih mudah untuk memahami apa itu backlink, saya akan sedikit menjelaskan apa yang saya ketahui tentang backlink, backlink adalah sebuah link atau hyperlink yang pada umumnya biasanya berupa tulisan yang berwarna biru yang bergaris bawah dan bisa di klik atau juga bisa berupa gambar yang bisa dklik yang letaknya berada di situs orang lain, apabila link tadi dklik akan menuju ke situs blog yang berbeda. Karena link tersebut letaknya di situs orang lain namun menuju ke halaman blog yang kita miliki, maka link tersebut disebut backllink.



Mungkin sobat juga akan mempertanyakan tentang bagaimana link yang akan menuju ke situs kita bisa berada atau diletakan ke situs orang lain, yang pastinya yang meletakan link tersebut bisa dari pemilik situs yang bersangkutan karena menganggap artikel yang berada di blog sobat bermanfaat dan pantas untuk di jadikan rujukan link.

Beberapa Teknik Dasar Membangun Backlink Yang Berkualitas Untuk Pemula

Setelah sobat sudah banyak memahami apa itu backlink selajutnya saya akan sedikit memberi tips bagaimana membangun backlink sehingga backlink tersebut bisa berada di situs orang lain. Berikut adalah beberapa teknik cara membangun backlink yang berkualitas bagi blogger pemula.  
  1. Melalui blog walking 
Backlink bisa juga melalui aktivitas blog walking yaitu merupakan aktivitas yang berkunjung ke blog orang lain lalu berkomentar dengan komentar yang relavan sambil meletakan link yang sedang sobat kunjungi tersebut, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk sobat lakukan karena dulu sempet terpopuler dan bisa sobat coba.

Yang harus sobat perhatikan ketika sobat memilih cara ini adalah carilah blog yang relavan dengan blog yang sobat buat, namun saran saya janganlah berlebihan membangun backlink dengan cara ini karena sobat bisa terdeteksi oleh mbah google karena melakukan tindakan web-spam.


Jika sobat memilih dengan cara ini saran saya pastikan link yang sobat tanamkan ke situs orang lain adalah link yang aktif bukan link pasif  yang tidak bisa diklik.


  1. Melalui Thread di forum-forum terkenal 
Selanjutnya yang kedua yang bisa sobat coba adalah dengan meletakan backlink yang cukup mudah dengan meletakan artikel yang sobat buat lalu letakan artikel tersebut di forum-forum terkenal. Ada beberapa forum-forum yang biasanya memberikan izin untuk meletakan beberapa link artikel sobat ke postingan forum-forum tersebut, kesempatan ini bisa sobat manfaatkan untuk sobat bisa membangun backlink yang akan menuju ke blog sobat yang sedang  sobat optimasi.

Yang harus sobat perhatikan ketika sobat sudah meletakan backlink di forum tersebut dengan cara tread atau artikel yang telah sobat buat dan upayakan juga agar halaman yang sudah tertanam baklink juga sobat pelihara, yang artinya halaman tersebut di kasih backlink di halaman forum-forum lainnya. Agar halaman tersebut teroptimasi secara SEO OFF PAGE  dan memiliki dampak yang baik untuk blog sobat.


Beberapa forum yang cukup terkenal yang mengizinkan untuk menaruh backlink tersebut yang beberapa saya ketahui sebagai berikut :
    • bersosial.com
    • kaskus.com
    • kompas.com
    • detik.com

Silahkan sobat kunjungi situs tersebut dan buatlah akun pada masing-masing forum, ikuti aturan dalam meletekan backlink ke forum dan manfaatkan sebaik mungkin untuk membangun backlin pada blog atau situs sobat.

  
  1. Melalui Guest Blogging 

Guest blogging adalah salah satu cara membangun sebuah backlink dengan membuat sebuah artikel kemudian artikel yang sobat buat lalu sobat terbitkan ke blog atau situs orang lain dan di artikel tersebut sobat bisa menyelipi link halaman yang mengarah ke blog sobat, tentunya sebelum sobat melakukan cara ini lebihh baiknya sobat berkomunikasi atau minta persetujuan pada pemilik blog yang bersangkutan.



Untuk melakukan guest blogging, sobat memang harus berkomunikasi terlebih dahulu terhadap pemilik blog yang bersangkutan dengan cara mengutarakan maksud dan tujuan sobat, karena tidak semua pemilik blog menima guest blogging, misal jika sobat menemukan pemilik blog yang membuka guest blogging dan sebagai syaratnya sobat harus menulis artikel dan menaruh backlink tersebut di artikel sobat yang buat tadi, maka kesempatan baik ini bisa sobat manfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun sebuah backlink.


  1. Melalui Private Blog Network (PBN)

Apa yang dimaksud PBN ( Private Blog Network ) ? PBN ( Private Blog Network ) adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan dari expired domain yang meiliki kriteria tertentu untuk keperluan backlink dan SEO. Jadi sobat sengaja membuat banyak blog dan memelihara blog tersebut dengan baik, baik yang di buat sendiri atau sobat membeli blog orang lain, blog-blog tersebut sobat bisa gunakan untuk membangun sebuah backlink.


Tapi sobat saya mau memperingatkan karena cara ini emang dilarang sih oleh mbah google, jika sampai ketahuan semua blog yang sobat pakai maupun blog sobat utama bisa-bisa mendapatkan penalty dari mbah google. Namun dengan cara inilah akan menghasilkan dampak yang sangat luar biasa, dan pakar SEO sendiri menyebut ini adalah cara yang tidak akan usang selama backlink tersebut dianggap sebagai faktor penentu popularitas situs atau website di hasil pencarian.


Memang tidak mudah untuk membangun sebuah backlink dengan cara ini karena membutuhkan tenaga ekstra dan mungkin bisa mengeluarkan biaya, namun membangun dengan cara ini sobat bisa lebih mudah untuk mengatur dan serta mengelola backlink yang memiliki dampak besar pada halaman pertama blog sobat.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH
" SEMOGA BERMANFAAT "
" GOOD LUCK "


    Blog, Updated at: 09:01

    0 komentar:

    Post a Comment

    Masukan Alamat E-mail Anda Untuk Berlangganan Gratis !

    Jangan lupa melakukan Aktivasi dengan link yang kami kirimkan ke e-mail anda

    Delivered by FeedBurner