Cara Cek Jumlah Baclink Pada Blog di Google Webmaster Tool

Posted By masdimas on Saturday 11 March 2017 | 08:05

Backlink sampai sekarang merupakan salah satu yang masih memiliki peran besar sebagai acuan mesin pencari salah satunya google yang nantinya jadi penentu pantas atau tidaknya suatu artikel sobat yang muncul di halaman terbaik di hasil pencarian mesin pencari SERP ( search engine result page ).


Nah, untuk membangun backlink yang menuju halaman situs sobat memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, perlu kerja keras dan waktu serta kesabaran yang kuat untuk melakukan hal tersebut, bahkan juga harus hati-hati dan diusahakan agar backlink yang sobat bangun kelihatan senatural mungkin dan tidak di anggap spam, karena jika sobat salah dalam membangun backlink tidak dengan benar dan aman, maka resiko yang besar yang akan sobat dapatkan dari membangun backlink yang salah kemungkinan besar akan mendapatkan penalty google.


Tapi sobat jangan kawatir, ada banyak cara yang bisa sobat lakukan dalam mengupayakan agar blog sobat dapat memiliki banyak backlink, bisa dengan cara natural atau bisa dengan cara sobat membangun sendiri backlink tersebut, backlink baru yang sobat buat akan memberikan efek besar terhadap suatu halaman situs, ketika backlink yang menuju halaman situs blog sobat telah berhasil di index oleh google dan semakin banyak backlink yang di claim oleh google dan semakin berkualitasnya backlink tersebut maka kemungkinan besar blog atau situs sobat tersebut akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari salah satunya google.


Maka dari itu pada postingan kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara mengetahui jumlah backlink pada blog agar menjadi pacuan semangat ketika backink bertambah banyak.


Bagaimana Cara  Melihat Jumlah Backlink yang dimiliki suatu Blog

Tapi terkadang beberapa alasan kepemilikan backlink pada suatu halaman blog atau situs perlu sobat ketahui, bisa jadi karena sobat penassaran dalam hal ingin mengetahui jumlah backlink suatu halaman situs atau blog tertentu.


Ada banyak tool yang tersedia yang bisa sobat gunakan untuk mengetahui jumlah backlink yang terdapat pada blog sobat, ada yang gratisan dan juga ada yang prabayar, tapi pada kali ini saya akan mengaasih tau cara mengetahui jumlah backlink dengan menggunakan tool gratisan sebagai berikut.


Menggunakan Google Webmaster Tool ( GWT )

Google Webmaster Tool ( GWT ) atau yang di sebut juga dengan nama lain Google Search Console adalah salah satu tool gratis yang disediakan oleh google yang dapat membantu pemilik situs untuk memantau, memonitor dan merekam segala aktifitas robot mesin mencari terhadap suatu blog atau website sobat. Di GWT tersebut tersedia fasilitas yang dapat melihat jumlah backlink blog sobat yang berhasil di claim mesin pencari google.


Tool tersebut hanya bisa digunakan untuk mengetahui jumlah backlink pada blog yang sobat miliki saja dan jumlah backlink yang dilaporkan oleh google webmaster adalah jumlah backlink yang sebenarnya yang sudah di index oleh google atau di akui oleh google.


Tapi sebelumnya untuk mengetahui jumlah backlink pada blog sobat dengan menggunakan google webmaster tool, blog sobat harus terlebih dahulu harus terintegrasi dengan Google Webmaster Tool, jika bekum silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu, jika sobat sudah mendaftarkan blog sobat pada google webmaster tool tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.       Pertama, silahkan terlebih dahulu sobat login ke halaman utama pada google webmaster tool kemudian pilih salah satu blog sobat.

2.       Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu search trafict kemudian pilih submenu Link To Your Site, sobat akan melihat informasi jumlah backlink yang di miliki blog sobat seperti yang terlihat di gamabar bawah ini punya saya :



Gimana sobat simple kan tentang bagaimana sobat bisa mengetahui jumlah backlink pada blog sobat ?, jadi sobat bisa memantau terus perkembangan backlink yang ada di situs atau website sobat agar menjadi pacuan semangat untuk lebih meningkatkan lagi  dalam membangun sebuah backlink, sekian pada postingan kali ini semoga bermanfaat untuk sobat dan menambah wawasan sobat dalam dunia blogging.

“ GOOD LUCK “


Blog, Updated at: 08:05

1 komentar:

  1. makasih infonya ya https://wrhphilosophers.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Masukan Alamat E-mail Anda Untuk Berlangganan Gratis !

Jangan lupa melakukan Aktivasi dengan link yang kami kirimkan ke e-mail anda

Delivered by FeedBurner